Semangat!


Hujan rintik-rintik terus mengiringi perjalanan sore itu. Berat rasanya mengarungi jalan raya Pasar Minggu, dari Depok menuju Mampang Prapatan. “Sampai kapan ya begini?”, sempat terbersit pertanyaan seperti itu. Ternyata benar nasehatnya kala itu.

“Kalau mau menuntut ilmu, kuncinya harus tekun dan sabar, karena nanti akan banyak ujiannya”. Umurnya sudah berkepala empat. Tapi semangatnya untuk belajar tidak menyurutkan langkahnya mengikuti kuliah di STIDDI Al Hikmah setiap Senin-Rabu-Jumat. Saya pun terinspirasi olehnya. “Maanfaatkan masa mudamu sebelum masa tuamu”, pikir saya sih seperti itu.

Tetapi ketika sudah memasuki kelas, hilang sudah semua lelah berganti semangat, menyaksikan teman-teman yang begitu antusias mengikuti kuliah. Apalagi kalau menyaksikan yang tua-tua masih mau belajar. Malu rasanya kalau malas menjadi penghambat.

Apalagi saat Senin kemarin sebelum Rapat di Kantor Relife dimulai, dibacakan syarah hadits Arbain (Al Wafi). Tersentak rasanya mendengar hadits yang dibacakan oleh teman saya dipenjelasannya.

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkan baginya dengan (ilmu) itu jalan menuju surga” (HR. Muslim). Duhai..Rabb begitulah cahayamu hadir di setiap jalan hambamu ini.

Hehe…Saya juga tidak mau kalah dengan Firzan dari Singapura yang pulang pergi tanpa kendaraan pribadi dari Bambu Apus, yang juga sedang mengikuti program Tahfidz di Ma’had Utsman bin Affan.

Begitu juga dengan Bapak satu ini, yang menjadi penyemangat saya untuk terus mengikuti Kursus Arab di Utan Kayu.

اسمي حسن

(Nama saya Hasan)

عمري ستون سنة

(Umur saya enam puluh tahun)

Waw, umur boleh jauh melebih teman-teman sekelas, tapi kemampuannya juga melebihi teman-teman lainnya. Tak terasa sudah di minggu ke-11 saya mengikuti kursus ini setiap Sabtu dan Minggu. Semoga bisa terus istiqamah.

Dan semoga tulisan ini menjadi penyemangat, agar bukan rasa malas yang menjadi penghambat saya untuk menuntut ilmu. Amiin

, ,

  1. #1 by Bayu Ramadhan on January 10, 2013 - 8:36 pm

    hihihihi semangat bang firmaaaan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: