Dosa-dosa dan Kematian


Ketika jantung kita harus beristirahat, berarti saatnya kematian tiba. Disaat itu, sudah siapkah kita menghadapinya?

Dulu sebelum lulus kuliah, saya paling tidak takut berbicara kematian. Banyak sekali tulisan saya tentang kematian, bahkan tulisan-tulisan tersebut terkesan menantang. Maklum, belum banyak beban, belum banyak pilihan. Tugasnya hanya kuliah, mengerjakan tugas dan mengikuti kegiatan kampus. Ujian yang ada masih belum seberapa. Hidup serasa seluas kampus saja. Sejauh Jakarta-Depok saja. Lalu apa yang harus ditakuti dengan kematian, jika setiap ujung dunia yang akan kita capai hanya akan bertemu dengan kematian. Kullu nafsin dzaaikotul mauut. Memahami akan hal ini, maka mudah sekali untuk menjaga 5 perkara sebelum 5 perkara; sehat sebelum sakit, waktu luang sebelum sempit, kaya sebelum miskin, muda sebelum tua, hidup sebelum mati.

Namun Allah mempunyai Kehendak-Nya. Saya berhasil melewati badai kampus dan dihadapkan dengan badai pasca kampus. Ternyata tidak mudah juga melewatinya. Yang saya heran, saat ini ada satu hal yang berbeda tentang keakraban saya dengan kematian ini. Entah mengapa saya lebih takut menghadapinya dibandingkan dulu. Maha Suci Allah yang tidak pernah salah dan lupa. Rupanya dosa-dosa yang akan membuat kita takut dengan kematian. Dosa-dosa yang akan membuat kita terserang penyakit Wahn; cinta dunia dan takut mati. Dosa-dosa yang mengganggu ketenangan jiwa. Dosa-dosa yang hanya akan menjauhkan diri kita dariNya.

Tanpa pikir panjang, maka saya tidak mau lagi hanya disibukkan dengan dunia yang seringkali mengakrabkan diri kita dengan dosa-dosa. Saya susun ulang hari-hari saya, dari Ahad sampai Sabtu. Saya buat rencana-rencana apa yang akan saya kerjakan dari bangun tidur sampai tidur lagi dan target-target apa yang akan saya capai.

Hasilnya,, cukup melelahkan. Namun satu hal yang saya ingat, jika kita tidak disibukkan dengan kebaikan, maka hampir pasti kita akan disibukkan dengan keburukan yang mendekatkan diri dengan dosa-dosa.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

