Boleh berbohong kepada istri…*°~¿»*¥


Satu hari full, Jumat kemarin, saya bersama tim proyek menghadiri rapat bulanan di kantor Owner, tentunya dipotong makan siang dan  shalat. Agenda rapatnya sih jelas tertulis pada surat undangan rapat. Tetapi sayang rapat selalu berjalan seperti biasa…tidak efektif. Dari jam 09.00 sampai adzan magrib berkumandang. Sepertinya sang Owner perlu diajari bagaimana memimpin rapat yang efektif. Sayangnya saat ini saya masih dianggap anak kemaren sore (masih bawahan), jadi sepertinya saya lebih tepat memposisikan diri untuk banyak diam dan banyak mendengar. Hingga saatnya nanti tiba saya memimpin di depan, tidak boleh lagi terjadi hal demikian.

Lalu salah seorang dari kami ada yang bergumam saat rapat sudah mau selesai. “Bagaimana kalau nanti setelah shalat magrib kita makan-makan dulu?”, usulnya tanpa berharap respon serius karena semua orang sudah merasa jenuh dengan rapat. Tetapi hal ini ditanggapi dengan serius oleh bos kami. Sehingga jadilah kami seusai shalat magrib makan-makan dulu di Es Teler 77 yang terletak di seberang kantor owner tersebut.

Yang menarik adalah saya mengenal baik salah satu dari teman saya yang  baru bergabung di tim proyek ini satu bulan lalu, dan baru juga mengikuti rapat bulanan ini. Dari awal masuk, dia sudah mengeluh kalau harus pulang lebih lama dari jam yang ditentukan alias lembur, karena istrinya pasti akan marah (ngambek-red).  Maka pada sore itu saya ledeklah dia, “Wah tambah ngambek nih istri, pulangnya malem banget?”.

“Apalagi kalo istri saya tau, saya pulang karena makan-makan dulu,,,”, jawabnya. Wah, saya tidak menyangka dengan jawabannya, sebegitunyakah?

Di satu sisi dia tidak ingin untuk menolak ajakan bos untuk makan-makan, selain tidak enak untuk menolak, sayang kan rejeki ditolak. Tapi di satu sisi lagi, dia tidak enak dengan istrinya karena sudah terlebih dahulu makan malam di luar, padahal makan malam sudah disiapkan. Akhirnya saat itu dia hanya memesan bakso  saja, supaya pulang nanti masih sanggup untuk makan nasi di rumah.

“Wah, nanti di rumah bohong dong sama istri? Padahal sudah makan di luar, tapi bilangnya belum?”, ledek saya lagi.

“Ya, ga usah bilang lah saya udah makan, bilang aja pulang malam karena rapatnya lama..”, jawabnya.

Hahaha, itu sih sama aja bohong, karena menyembunyikan yang sebenarnya. Rapatnya memang lama, tapikan dia pulang lebih malam lagi karena makan-makan dulu tidak hanya karena rapatnya yang lama.

Lalu sedikit saya menghibur dia. Saya bilang sedikit, karena saya sebenarnya tidak suka membicarakan ini (juga menuliskan ini). Tapi karena hikmah yang ingin saya sampaikan, ya saya ceritakan saja disini.

Sungguh luar biasanya Islam yang tidak menghendaki kesulitan bagi umatnya, sehingga banyak sekali keringanan yang kita dapatkan jika dihadapkan dengan kesulitan. Salah satunya berbohong pada istri atau pada suami.
“Dan aku (Ummu Kultsum) tidak mendengar bahwa beliau memberikan rukhsah (keringanan) dari dusta yang dikatakan oleh manusia kecuali dalam perang, mendamaikan antara manusia, pembicaraan seorang suami pada istrinya dan pembicaraan istri pada suaminya“ (HR Muslim)

Hadist ini dimaksudkan untuk kebaikan bukan untuk kejahatan. Makanya tadi saya katakan tidak suka membicarakan hal ini, karena takut kebanyakan orang salah paham memanfaatkan hadits ini. Bagaimanapun saya yakin sangat tidak enak hidup dibayangi dengan kebohongan-kebohongan yang harus ditutupi, walaupun itu untuk kebaikan. Padahal salah satu dari berhasilnya hidup berumah tangga adalah komunikasi yang baik. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Semuanya dikomunikasikan, dijelaskan, untuk memahami bersama setiap masalah yang ada.

Hadueh,,teori mulu…praktek maaan,, praktek…

, , , , , , ,

  1. #1 by Gio on June 4, 2012 - 7:35 am

    bagus.

    • #2 by Ibnu Alwi on June 4, 2012 - 8:17 am

      Bagusnya yg sebelah mana mas is?

Leave a Reply

