Tidak banyak yang seberuntung Bapak saya…


Tidak banyak yang seberuntung Bapak saya ini, yang bisa memasuki usia pensiunnya sebagai Guru dalam kondisi yang serba berkecukupan dan sedang siap-siap menggendong cucunya.
Umurnya sebenanya sudah 63 tahun, usia yang sudah masuk pada batas usia umat Muhammad saw. Tetapi di KTP umurnya baru 60 tahun. Hal ini biasa terjadi pada teman-teman seangkatannya, yang saat lahirnya itu tanggal kelahiran tidak menjadi sesuatu yang penting untuk dicatat.
Kebanyakan orang biasanya berencana untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya di umur-umur pensiunnya dengan lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam melakukan ibadahnya. Begitu juga Bapak saya, belakangan ini Bapak saya lebih sering terlihat pergi shalat ke Masjid. Satu hal yang langka sebelumnya, yang biasanya lebih sering mengajak keluarganya shalat berjamaah di rumah.
Apakah Anda juga berencana seperti itu? Padahal tidak banyak orang yang diberi kesempatan oleh Allah memasuki umur pensiunnya, tidak banyak orang yang diberi usia panjang untuk bisa taubat belakangan, dan mengumpulkan bekal untuk akhiratnya di usia tuanya.
Kalau saya tidak mau berencana demikian, karena saya tidak tau seberapa panjang umur saya, seberapa banyak pahala saya, seberapa besar dosa yang belum terampuni, dan saya tidak mau menyesal di akhirat kelak, dimana setiap penyesalan sudah tidak ada artinya lagi.
Maka mendekatkan diri kepada Allah haruslah menjadi sebuah kebiasaan, dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah sepanjang umur yang saya lewati, dan dengan selalu bertaubat sekecil apapun dosa yang diperbuat.

Semoga kami sekeluarga mati dalam keadaan Husnul Khatimah.

“Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku (1) serta kasihilah mereka berdua seperti mereka mengasihiku sewaktu kecil (2).” Aamiiin.

(1) QS.Nuh: 28
(2) QS. Al-Isra’: 24

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

