Membuat yang kecil menjadi besar dan yang besar menjadi kecil


Bismillahirrahmanirrahim…

Niat, bisa membuat amalan yang kecil bernilai besar dan membuat amalan yang besar bernilai kecil. Bagaimana tidak, niat seseorang saja untuk melakukan sebuah amalan bisa memberikan dia satu pahala, dan jika akhirnya mengerjakan amalan tersebut maka akan mendapat dua pahala. Tentu jika amalan tersebut amalan kebaikan karena Allah swt.
Bahkan amalan mubah bisa bernilai pahala besar di sisi Allah hanya karena niat. Misal, ada 2 orang yang duduk dalam 1 meja makan yang sama dan mereka makan dengan menu yang sama, tetapi 2 orang ini bisa memiliki nilai yang berbeda di sisi Allah. Karena yang satu berniat makan hanya karena ingin menghilangkan rasa lapar sehingga tak bernilai pahala sedangkan yang satu lagi berniat makan agar tubuhnya kuat untuk beribadah kepada Allah swt. Coba perhatikan, hal yang kecil bisa menjadi besar di sisi Allah swt hanya karena niat.

Begitu juga sebaliknya, hal yang besar bisa menjadi kecil di sisi Allah swt hanya karena niat. Seorang yang melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah pun tidak bernilai di sisi Allah hanya karena orang tersebut hijrah tetapi dengan niat ingin menikahi salah seorang wanita yang juga ikut hijrah ke Madinah. Rasulullah juga pernah menceritakan ada seorang pembaca Al Quran, seorang mujahid, dan seorang dermawan, yang semuanya akan masuk neraka karena ternyata mereka melakukannya bukan karena Allah swt dalam rangka beribadah kepadaNya tetapi hanya karena ingin dipuji oleh orang lain.

Lalu untuk apa kita menjadi karyawan di sebuah perusahaan, menjadi pegawai di pemerintahan, atau menjalani bisnis sebagai pengusaha? Jika kita berhasil menyandarkan niat atau tujuan melakukan itu semua hanya kepada Allah swt maka Anda telah maju satu langkah bersama orang-orang yang akan mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat.

Wallahu ‘alam bishawab

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: