Terperosok ke lubang


Kemarin malam saat berjalan kaki di kegelapan jalan menuju masjid untuk shalat isya berjamaah, kaki saya terperosok ke sebuah lubang kecil sampai semata kaki. Ada beberapa hikmah (pelajaran) yang bisa saya ambil setelah itu :

1. Saya harus meminta ampun kepada Allah barangkali itu adalah balasan langsung dari Allah atas dosa-dosa yang saya lakukan, seperti sombong di hati atas ibadah yang telah dilakukan atau karena sebelumnya sudah mengakhirkan shalat magrib. [1]

2. Saya harus bersyukur kepada Allah karena bisa jadi seharusnya saya mendapat musibah yang lebih besar yang telah ditakdirkan kepada saya, misal terperosok di lubang yang lebih besar lagi atau terserempet mobil di jalanan tersebut, hanya saja Allah mengganti musibah tersebut dengan musibah yang lebih ringan karena mungkin masih ada sisa amal kebaikan yang saya lakukan, misal mungkin karena doa yang pernah saya panjatkan [2] atau sedekah yang pernah saya keluarkan [3] sehingga Allah langsung membalas kebaikan tersebut. 

3. Lain kali saya harus fokus berjalan kaki terutama di kegelapan tanpa sambil mengetik sms di smartphone..

#hadeuh

——————
[1] “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi”  (QS. Asy-Syuura [42] :30-31)

[2] “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal:(1) Allah akan segera mengabulkan do’anya, (2) Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” (HR. Ahmad)

[3] “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana,,.” (HR Thabrani)

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

